Wakaf Tunai Sah Menurut Sebagian Ulama Mazhab Hanafi

Kategori : Berita Jumat, 26 Februari 2021

MPU Aceh, Banda Aceh – Wakaf Tunai sah menurut sebagian Ulama Mazhab Hanafi dengan ketentuan; dikelola secara produktif seperti pola Mudharabah, keuntungan dari pengelolaan disalurkan kepada Mauquf Alaih serta mengikuti ketentuan pihak wakif, dan nilai pokok wakaf uang harus dijamin kelestariannya tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan. Hal tersebut tercantum dalam salah satu butir Rancangan Fatwa MPU Aceh Tahun 2021 Tentang Wakaf Tunai Menurut Perspektif Syariat Islam.

Rancangan Fatwa dibacakan langsung oleh Kepala Sekretariat MPU Aceh, H. Murni, SE., MM saat acara penutupan Sidang Paripurna – I MPU Aceh Tahun 2021, di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, Kamis (25/02/2021) pagi. “Wakaf Tunai (cash wakaf atau wakaf nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai atau surat-surat berharga lainnya”, sebutnya.

Rancangan Fatwa ini diputuskan setelah MPU Aceh menimbang bahwa wakaf tunai telah menjadi sebuah bentuk investasi amal yang mulai dilakukan masyarakat modern dewasa ini dalam konteks global, selanjutnya MPU Aceh juga menimbang bahwa praktek wakaf tunai telah memunculkan perbedaan persepsi ditengah-tengah masyarakat.

Dalam kesempatan ini Wakil Ketua MPU Aceh, DR. Tgk. H. Muhibbuththabari, M. Ag berharap agar seluruh Anggota MPU Aceh dapat menjalankan keputusan yang telah dihasilkan. “Kita tetap konsisten dengan fatwa kita dan kita harus menegakkan ini sebagi bentuk istiqamah kita dalam ke-MPU-an ini’, harapnya saat menutup Sidang Paripurna – I MPU Aceh Tahun 2021.

Dalam rancangan fatwa ini , MPU Aceh juga mengeluarkan Taushiyah yang berisikan diantaranya diharapkan kepada Pemerintah Aceh untuk melahirkan Qanun yang menjelaskan ketentuan Wakaf Uang, diharapkan juga kepada semua pihak untuk menjelaskan status hukum Wakaf Uang secara komprehensif, utuh dan memperhatikan etika perbedaan pendapat Ulama Mazhab. Sementara kepada masyarakat diharapkan untuk menggalakkan praktek wakaf.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32