MPU Aceh Gelar Rapat Koordinasi Se-Aceh Tahun 2021

Kategori : Berita Kamis, 18 Februari 2021

MPU Aceh, Banda Aceh - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. H. Faisal Ali secara resmi membuka Rapat Koordinasi Pimpinan MPU Aceh Dengan Para Ketua MPU dan Kepala Sekretariat MPU Se-Aceh, yang berlangsung di Aula Sekretariat MPU Aceh, Kamis (18/2/2021).

Adapun agenda rapat koordinasi ini akan membahas, mengevaluasi, mensinergikan dan mensinkronisasikan pelaksanaan program-program dan kegiatan-kegiatan MPU Aceh dan MPU Kabupaten/Kota agar kiranya dapat kita tingkatkan ke arah yang lebih baik lagi sehingga terus terjadi peningkatan-peningkatan dan perbaikan dalam setiap pelaksanaannya. Hal tersebut diungkapkan Abu Faisal saat membaca sambutannya.

"Tujuan lainnya kita duduk bersama hari ini adalah untuk mencarikan solusi-solusi yang tepat terhadap berbagai permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakat", lanjutnya.

Abu Faisal juga berharap dengan adanya hasil rekomendasi rapat koordinasi ini dapat mengoptimalkan peran dan kinerja ulama-umara secara lebih terpola dalam mengemban tugas yang telah diamanahkan.

Sebelumnya dalam laporan panitia yang dibacakan langsung oleh Kepala Sekretariat MPU Aceh, H. Murni, SE., MM disebutkan bahwa hasil yang ingin dicapai melalui kegiatan rakor adalah adanya persamaan pandangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2021. "Hasil yang ingin dicapai melalui kegiatan rakor ini adalah adanya komunikasi yang efektif dan optimal dalam bentuk koordinasi antara ulama dan umara, dan juga adanya persamaan persepsi dan sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2021", sebutnya.

Kegiatan Rakor yang mengangkat tema Melalui Rapat Koordinasi MPU Se-Aceh Kota Sinergikan Peran Ulama dan Umara Dalam Mendukung Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan Aceh ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Tgk. H. Faisal Ali (Wakil Ketua MPU Aceh) dan H. T. Ahmad Dadek, SH., MH (Kepala Bappeda Aceh).

Pada kesempatan ini Abu Faisal menyampaikan materi terkait aktualisasi program kerja MPU Aceh dan MPU Kabupaten/Kota tentang mekanisme penetapan fatwa, hukum, sertifikasi halal, musyawarah daerah dan kegiatan tahun 2021. Sementara H. T. Ahmad Dadek, SH., MH yang menjadi pemateri selanjutnya memaparkan langsung langkah strategis dalam perencanaan dan pengusulan program/kegiatan MPU Aceh dan MPU kabupaten/kota.

Rakor yang berlangsung sehari penuh ini diikuti sebanyak 76 peserta yang berasal dari Ketua dan Kepala Sekretariat MPU Se-Aceh, unsur Badan Otonom MPU Aceh, dan instansi terkait lainnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32