Silaturrahmi ke MPU Aceh, Kapolda Aceh Mohon Doa dan Dukungan

Kategori : Berita Kamis, 05 Maret 2020

Banda Aceh – Kamis (5/3/2020), Plt. Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali didampingi Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni dan Kepala Sekretariat MPU Aceh, H. Murni, SE., MM beserta jajarannya menyambut kedatangan Kapolda Aceh, Irjen Pol. Wahyu Widada beserta rombongan yang bersilaturrahmi ke MPU Aceh.

Dihadapan rombongan, Abu Faisal menyampaikan sebuah kemuliaan atas kunjungan Kapolda Aceh ke MPU Aceh kali ini. “Merupakan sebuah kebanggaan dan kemuliaan bagi kami atas kunjungan Bapak ketempat kami pagi ini”, katanya. Pada kesempatan ini, Abu Faisal menjelaskan secara singkat sejarah MPU Aceh dengan tugas dan kewenangannya. “Tiga kewenangan yang diberikan kepada kita yaitu mengeluarkan fatwa hukum, yang kedua memberikan pandangan-pandangan, taushiyah-taushiyah atau rekomendasi, yang ketiga melakukan pendidikan kader ulama”, jelasnya.

Terkait struktur MPU Aceh, Abu Faisal meneruskan bahwa diatas MPU Aceh ada Ulama-ulama sepuh yang disebut dengan Majelis Syuyukh.  “Struktur MPU, diatasnya ada yang kita sebutkan dengan Majelis Syuyukh, para Ulama-ulama sepuh kita. Kalau ada masalah-masalah yang sangat krusial, maka kita akan bersidang dengan beliau-beliau meminta petunjuk dan arahan-arahan tindak lanjut terhadap sesuatu yang akan kita lakukan”, sebutnya.

Kapolda Aceh Irjen Pol. Wahyu Widada dalam kunjungan singkatnya ini mengajak para Ulama untuk bekerjasama dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, khususnya di Provinisi Aceh. “Sebagai Kapolda Aceh, saya mohon bantuan kerjasama dari bapak-ibu sekalian. Karena sebenarnya tugas antara Ulama dan Polisi ini sangat luas, kita sama-sama menjalankan amar-ma’ruf nahi mungkar. Kalau bapak-ibu dengan dalil-dalil agama, kalau kita dengan dalil hukum positif”, ajaknya.

Kapolda menambahkan dalam proses penegakan hukum, polisi memiliki 3 tugas yaitu Kamtibmas, Penegakan Hukum, dan Perlindungan Pengayoman Masyarakat. Oleh karenanya Kapolda memohon dukungan dari Ulama untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak kepolisian, khususnya menyebarluaskan pesan-pesan Kamtibmas. “Kami juga mohon dukungan dari MPU Aceh untuk bisa membangun kedepan nanti hubungan yang baik, untuk bisa membantu kami menyebarluaskan pesan-pesan kamtibmas yang memang masih sangat-sangat kita butuhkan”, pintanya.

Lanjut Kapolda Aceh, melihat mayoritas penduduk Aceh yang 98% beragama Islam, peran MPU sangat besar sekali untuk ikut menggugah kepada kemaslahatan. “Terutama daerah sini 98 persen lebih mayoritas muslim, peran MPU ini sangat luar bisa, sangat besar sekali untuk ikut serta menggugah kepada kemaslahatan, termasuk kepada kami untuk lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat”, lanjutnya. Kapolda juga melihat masih banyaknya terjadi kecelakaan lalu-lintas di Aceh, yang menurutnya kesadaran dan patuh kepada aturan adalah bagian dari menjalankan nilai-nilai Islam. Dalam kesempatan ini dirinya juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga kemanan yang sudah ada di Aceh, karena masalah Kamtibmas menurutnya bukan hanya permasalahan pihak kepolisian tapi juga permasalahan bersama.

Tampak hadir dalam rombongan silaturrahmi Kapolda Aceh ini, Inspektur Pengawasan Daerah, Dir Intelkam Polda Aceh, Dir Binmas Polda Aceh, dan Kabid Humas Polda Aceh.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32