MPU Aceh Gelar Rapat Koordinasi

Kategori : Berita Kamis, 06 Februari 2020

Banda Aceh - (Kamis 6 Februari 2020), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) MPU se-Aceh yang berlangsung di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, komplek Sekretariat MPU Aceh. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali.

Dalam Khutbah Iftitah Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, yang disampaikan oleh Plt. Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali menyampaikan kegiatan Rakor ini mengangkat tema Melalui Rapat Koordinasi MPU se-Aceh Kita Sinergikan Program dan Kegiatan Ulama dan Umara Dalam Pembangunan. "Tema ini kita angkat dengan maksud nantinya kita bisa menyusun suatu draft keputusan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang akan datang", katanya.

Agar suksesnya semua kegiatan MPU Aceh tahun 2020 ini, maka perlu diadakan koordinasi antara MPU Aceh dengan MPU Kabupaten/Kota se-Aceh. "Perlu rakor ini karena semua tanggung jawab MPU Aceh tahun 2020 bisa kita laksanakan dengan baik dan sukses sesuai dengan apa yang diharapkan", tambahnya.

Abu Faisal meneruskan dari rapat koordinasi ini dapat menghasilkan
rumusan-rumusan yang menjadi pegangan bagi MPU provinsi dan MPU kabupaten/kota se-Aceh dalam melakukan kegiatan-kegiatan. "Terus kita berkoordinasi dalam setiap langkah, pegangan kita terhadap Qanun dan Tata Tertib yang ada sehingga MPU ini tetap menjadi mitra pemerintah provinsi dan mitra pemerintah kabupaten/kota. Rumusan-rumusan yang kita lakukan pada rakor ini mudah-mudahan itu menjadi pegangan bagi kita di tahun 2020 agar bisa berjalan bersama", harap Abu Faisal.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia Kepala Sekretariat MPU Aceh, H. Murni, SE., MM disebutkan kegiatan Rapat Koordinasi MPU se-Aceh ini bertujuan untuk menemukan bentuk koordinasi yang tepat dan optimal antara ulama dan umara. "Mewujudkan persamaan persepsi program dan kegiatan yang tepat untuk pengoptimalan antara ulama dan umara", sebutnya.

Kepala Sekretariat MPU Aceh menambahkan antara MPU Aceh dengan MPU kabupaten/kota harus adanya satu persepsi. Begitu juga peran Ulama dalam pembangunan harus selaras dengan apa yang dilakukan Umara. "Antara kegiatan MPU Aceh dan MPU kabupaten/kota itu ada titik temunya. Peran ulama dalam pembangunan ini seirama dengan apa yang dilakukan Umara", sebutnya.

Dirinya mengharapkan agar dari rakor ini dapat melahirkan komitmen bersama dalam membangun masyarakat ke arah lebih baik. "Harapan kami, Abu-abu dan semuanya bisa mengikuti rapat ini dan mampu melahirkan komitmen bersama dalam membangun masyarakat kedepan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Peran kita ini sangat ditunggu oleh masyarakat", harapnya.

Dengan lahirnya keputusan itu kelak diharapkan dapat mengoptimalkan peran dan kinerja MPU Aceh dan MPU kabupaten/kota secara lebih terpola dalam mengemban tugas yang diamanahkan. Dimana diantara tugas MPU adalah memberikan taushiyah, masukan, pertimbangan, dan saran kepada pemerintah Aceh dan DPRA dalam menetapkan kebijakan berdasarkan syariat Islam serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, dan kebihakan daerah berdasarkan syariat Islam.

Adapun agenda rapat koordinasi MPU Aceh yang menghadirkan narasumber Plt. Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali, Kepala Sekretariat MPU Aceh dan Pejabat BAPPEDA Aceh ini, selain penyusunan keputusan, rakor ini juga mencoba membahas dan mengevaluasi pelaksanaan program-program dan kegiatan-kegiatan MPU Aceh dan MPU kabupaten/kota untuk dapat ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi sehingga terus terjadi peningkatan-peningkatan dan perbaikan dalam setiap pelaksanaannya.

Disamping itu juga meningkatkan kemitraan MPU dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya di semua tingkatan sehingga benar-benar dapat berperan sebagai mitra sejajar pemerintah, dan dapat saling melengkapi dan bekerjasama dengan baik dalam pelaksanaan tugas mengayomi dan membimbing umat.

Rakor yang diselenggarakan selama 2 hari ini diikuti oleh 76 peserta yang terdiri dari unsur anggota MPU Aceh dan MPU Kabupaten/Kota se-Aceh, serta Kepala Sekretariat MPU se-Aceh, dan unsur terkait lainnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32