LPPOM MPU Aceh Gelar Pelatihan Penyelia Halal Perusahaan

Kategori : Berita Senin, 03 Februari 2020

Banda Aceh - (Senin 3 Februari 2020), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) menggelar kegiatan Pelatihan Penyelia Halal Internal Perusahaan yang berlangsung di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba komplek Sekretariat MPU Aceh.

Dalam Khutbah Iftitah Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, yang disampaikan oleh Plt. Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali menyebutkan MPU Aceh sangat serius dalam penanganan produk-produk halal. "MPU Aceh cukup menaruh perhatian khusus dalam beberapa tahun ini dalam kaitan produk halal", sebutnya.

Dirinya melanjutkan agar sistem jaminan produk halal harus terus disosialisasikan agar semua produk mendapatkan sertifikat halal. "Usaha-usaha yang belum mendapatkan sertifikat halal agar terus disosialisasikan agar segera mengurus sertifikat halal", lanjutnya.

Tambah Abu Faisal, kehalalan ini sangat penting. Unsur kehalalan ini adalah kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Kebahagian di dunia yang kita peroleh bisa kita warisi untuk anak cucu kita yang akan datang. "Dan mudah-mudahan kita berharap dengan produksi kita halal, rezeki kita berkah dan bisa kita warisi kepada anak-anak kita yang akan datang", tambahnya.

Melalui kegiatan ini, Abu Faisal mengajak peserta untuk mari bekerjasama dalam menerapkan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 demi terjaminnya kehalalan semua produk yang beredar di Provinsi Aceh. "Pemerintah Aceh telah melahirkan Qanun Nomor 8 Tahun 2016, yang Qanun itu menjadi landasan yang sangat kuat bagi kita masyarakat Aceh, agar suatu saat Aceh akan menjadi zero haram di masa akan datang", tutupnya.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia Kepala Sekretariat MPU Aceh, H. Murni, SE., MM yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Fasilitasi Sistem Jaminan Produk Halal Sekretariat MPU Aceh, Subandi, S.Si disebutkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada penyelia halal perusahaan mengenai sistem manajemen halal perusahaan yang telah menerima sertifikat sistem manajemen halal perusahaan. "Meningkatkan peran serta pemerintah dan instansi terkait dalam proses pembinaan pelaku usaha terkait kehalalan produk," sebutnya.

Kegiatan yang bertemakan Penyelia Halal Internal yang Handal Adalah Kunci Sukses Terselenggaranya Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal ini turut menghadirkan tiga narasumber yaitu Tgk. H. Faisal Ali (Plt. Ketua MPU Aceh), dengan materinya Sosialisasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal; Drh. Fakhrurrazi, MP (Ketua LPPOM MPU Aceh) dengan materinya Titik Kritis Halalnya Suatu Bahan Produksi Berdasarkan Ketentuan Syariat Islam; dan Deni Chandra, ST., MT (Staf MPU Aceh) dengan materinya Kriteria Sistem Jaminan Produk Halal (Halal Assurance System point 1-11) dan Tugas dan Wewenang Penyelia Halal.

Peserta kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri dari unsur para auditor halal internal perusahaan yang sudah memiliki sertifikat halal.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32