Tgk. Hatta Serahkan Sertifikat Halal Kepada Tiga Pelaku Usaha

Kategori : Berita Senin, 28 Oktober 2019

Banda Aceh - (Senin 28 Oktober 2019), Pimpinan MPU Aceh yang diwakili oleh Tgk. H. Muhammad Hatta, Lc., M.Ed secara simbolis menyerahkan sertifikat halal kepada tiga pelaku usaha di Aceh. Ketiga pelaku usaha yang telah dinyatakan halal tersebut yaitu Restoran Hotel Rajawali Kota Lhokseumawe, Restoran Ayani Hotel Kota Banda Aceh, dan CV Na Berkah Utama (produk air minum isi ulang) yang berdomisili di Kabupaten Aceh Besar.

Penyerahan sertifikat halal ini dilakukan disela-sela acara kegiatan Pelatihan Penyelia Halal Internal Perusahaan II LPPOM MPU Aceh yang berlangsung di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba komplek Sekretariat MPU Aceh. Tgk. Hatta dalam Khutbah iftitahnya menyebutkan permasalahan kehalalan merupakan hal yang sangat urgen. "Tentunya perkara halal ini sangat urgen, dan ini sangat memberikan pengaruh", katanya.

Lanjutnya dalam memproduksi suatu produk, permasalahan haram tidak hanya dilihat dari zat bahan bakunya melainkan banyak hal lainnya seperti sumber memperolehnya hingga proses memproduksinya. "Karena haram ini ada haram dari zatnya seperti babi dan lain-lain. Ada yang haram dari memperolehnya seperti air, maupun yang lainnya yang diperoleh dari mencurinya.
Ada juga haram dilihat dari prosesnya, seperti memproses tidak sesuai dengan syariat", lanjutnya.

Tgk. Hatta juga berharap melalui kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh pencerahan dengan materi-materi yang disampaikan. "Mudah-mudahan dengan ada kegiatan sebesar ini, kita paham dan memberikan pencerahan kepada kita semua, agar usaha-usaha kita semua sesuai dengan ketentuan Allah", harapnya.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Fasilitasi Sistem Jaminan Produk Halal Sekretariat MPU Aceh, Subandi, S.Si disebutkan kegiatan Pelatihan Penyelia Halal Internal Perusahaan kedua kalinya dalam tahun ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan instansi terkait dalam proses pembinaan pelaku usaha terkait kehalalan produk."Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada penyelia halal perusahaan mengenai sistem manajemen halal perusahaan", jelasnya.

Kegiatan yang bertemakan Penyelia Halal Internal yang Handal Adalah Jaminan Terselenggaranya Konsistensi Sistem Manajemen Produk Halal ini turut menghadirkan tiga narasumber yaitu Tgk. H. Faisal Ali (Wakil Ketua MPU Aceh), dengan materinya Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal; Dr. Drh. Razali, M.Si (Dosen FKH Unsyiah) dengan materinya Titik Kritis Kehalalan Bahan Makanan; dan Deni Chandra, ST., MT (Sekretaris LPPOM MPU Aceh) dengan materinya Kriteria Sistem Jaminan Produk Halal (Halal Assurance System point 1-11) dan Tata Cara Pembuatan Manual Sistem Jaminan Halal.

Peserta kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang yang terdiri dari unsur para auditor halal internal perusahaan yang sudah memiliki sertifikat halal.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32