Abi Hasbi Harap Dukungan Pemerintah Terkait Sertifikasi Halal

Kategori : Berita Rabu, 23 Oktober 2019

Banda Aceh - (Rabu 23 Oktober 2019), Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni menghadiri acara Rapat Kerja Daerah IV MUI SE Sumatera Utara Tahun 2019 yang digelar di Aula Asrama Haji Medan. Di sela-sela acara yang turut dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Letjen (purn) Edy Rahmayadi ini, Abi Hasbi sempat menyampaikan sambutan penghargaan yang menyebutkan bahwa semua program-program yang dilaksanakan memiliki manfaat kepada ummat. Abi Hasbi mencontohkan program sertifikasi halal yang dilaksanakan MPU Aceh melalui Badan Otonom LPPOM.

Namun menurutnya program sertifikasi halal ini harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah. "Kami di MPU Aceh memiliki LPPOM yang mana untuk mengajak masyarakat untuk mengurus sertifikat halal itu sulit kalau tidak didukung oleh pemerintah, misalnya usaha-usaha rumah makan dan sebagainya. Kalau itu tidak diperintahkan secara langsung oleh pemerintah daerah, maka itu akan kewalahan bagi pengusaha yang mengurus sertifikat halal", sebutnya.

Sebelumnya Ketua Panitia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua MUI Sumut, Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA mengatakan persoalan lain yang dihadapi oleh MUI di tingkat Nasional dan regional diberbagai tempat adalah masalah dana operasional. "Hal ini disebabkan MUI belum memiliki amal usaha yang mandiri sehingga mampu mendapatkan dana yang memadai. Anggaran MUI saat ini masih tergantung dengan APBN pada tingkat nasional", katanya saat membaca laporan panitia.

Rakerda IV MUI Sumatera Utara ini dirangkaikan dengan acara Silaturahmi Ulama Regional dan Ulama Asia Tenggara yang diwakili oleh MUI Brunei Darussalam, Thailand, Singapura dan Malaysia.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32