PKU-III Tahun 2019 diikuti 24 Peserta

Kategori : Berita Selasa, 15 Oktober 2019

Banda Aceh - (Selasa 15 Oktober 2019 ), Ulama sebagai pewaris para nabi memiliki peran penting dalam membina ummat, terutama pelaksanaan amar ma'ruf nahi mungkar. Para ulama lah yang akan melanjutkan estafet baik fungsi dan tugas para nabi dalam menyebarkan dinul Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni saat membuka kegiatan Pendidikan Kader Ulama-III Tahun 2019 Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh yang berlangsung di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba MPU Aceh, Selasa pagi. "Ulama secara otomatis memikul amanah dan tanggung jawab kemasyarakatan. Dipundaknya tercurah setumpuk harapan kedamaian dan kelangsungan hidup ummat", lanjutnya.

Sosok ulama merupakan sentral dari komunitas umat Islam yang selalu diharapkan berperan sebagai figur moral dan pemimpin sosial. Abi Bayu menambahkan dalam mewujudkan misi tersebut MPU mempunyai peran penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berakhlaqul karimah serta memiliki dasar agama yang kuat. "Pengkaderan ulama perlu dilakukan disebabkan terjadinya krisis terhadap ulama kharismatik, hal ini merupakan issu penting yang perlu dipikirkan bagaimana proses pengkaderan dan regenerasinya", tambahnya.

Abi Bayu berharap dari pelaksanaan PKU ini akan bisa melahirkan ulama-ulama muda yang mumpuni. "Kita berharap dari pelaksanaan pendidikan kader ulama ini juga akan lahir para ulama muda dan da'i yang mumpuni dalam artian mempunyai wawasan keislaman yang luas yang tersebar di seluruh wilayah Aceh sehingga nantinya dapat berkontribusi nyata dalam masyarakat", harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Kepala Sekretariat MPU Aceh, Murni, SE., MM dalam laporannya menyampaikan kegiatan PKU ketiga Tahun 2019 ini dikuti oleh 24 peserta. "Peserta sebanyak 24 orang yang berasal dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh. Kegiatan ini akan dilakukan lebih kurang 40 hari mulai hari ini sampai dengan 23 November 2019", katanya.

Selama 40 hari nantinya para peserta PKU yang merupakan tengku-tengku dayah ini akan diwajibkan menginap di Mess Sekretariat MPU Aceh, dengan mendapatkan materi-materi dari ulama dan cendikiawan khususnya yang berbasis ilmu Al-Qur'an dan Hadits yang berada di Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32