LPPOM MPU Aceh Kembali Sosialisasi SJPH

Kategori : Berita Kamis, 29 Agustus 2019

Banda Aceh - (Kamis 29 Agustus 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) kembali menggelar Kegiatan Sosialisasi Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH). Kegiatan yang ketiga kalinya dalam tahun 2019 ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni.

Saat membacakan Khutbah iftitahnya Abi Hasbi menjelaskan bahwa syariat Islam telah mengatur ketentuan yang baik bagi manusia dalam mengkonsumsi makanan, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 168. Abi Hasbi juga melanjutkan, makanan halal sangat berpengaruh kepada kualitas ibadah seseorang. "Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah, kehalalan produk yang kita gunakan sangat berpengaruh pada kualitas ibadah yang kita laksanakan," jelasnya.

Abu Hasbi yang lebih dikenal dengan Abi Bayu ini juga berharap agar para peserta dapat menimba ilmu terkait proses kehalalan produk dalam mengikuti kegiatan ini. "Melalui kegiatan ini, para peserta dapat memahami bagaimana yang dimaksud dengan makanan halal dan proses sertifikasi halal", harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Sekretariat MPU Aceh, Dr. Tgk. H. Syukri bin Muhammad Yusuf, MA dalam laporan panitianya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan peserta mengenai produk halal. "Meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kesadaran peserta dan masyarakat bahwa mengkonsumsi produk halal adalah kewajiban bagi umat muslim", jelasnya.

Disamping itu kegiatan yang bertemakan Produk Halal Adalah Pintu Semua Kebaikan dan Keberkahan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai kehalalan produk dari berbagai aspek.

Kepala Sekretariat MPU Aceh juga menambahkan, MPU Aceh terus berupaya untuk menyampaikan informasi dan pemahaman proses sertifikasi halal kepada masyarakat. "Kita berusaha terus untuk menyampaikan informasi, untuk berbagi, untuk memberikan pemahaman agar proses sertifikasi halal di Aceh segera dapat tercapai sesuai dengan keinginan Pemerintah Aceh", ungkapnya.

"Jadi kedepan semua usaha, semua kuliner, semua warung, cafe-cafe, baik makanan dan kosmetika itu harus berkewajiban untuk mendapatkan sertifikafi halal", tambahnya.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari para pelaku usaha dari wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Sosialisasi SJPH yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan pemateri yaitu Tgk. H. Faisal Ali yang menyampaikan materi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang Sistem Jaminan Produk Halal, Dr. Syukri bin Muhammad Yusuf, MA dengan materinya Peran dan Kebijakan Pemerintah Aceh Dalam Proses Sertifikasi Halal, Drh. Fakhrurrazi, MP yang memaparkan Titik Kritis Kehalalan Produk, dan Deni Chandra, ST., MT denagn materinya Prosedur Sertifikasi Halal di LPPOM MPU Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32