LPPOM MPU Aceh Kembali Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar'I - III

Kategori : Berita Kamis, 08 Agustus 2019

Banda Aceh - (Kamis 8 Agustus 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) kembali menggelar acara Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar'I ketiga kalinya dalam tahun 2019 ini yang berlangsung di Aula Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, komplek MPU Aceh. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LPPOM MPU Aceh Drh. Fakhrurrazi, MP.

Dalam sambutan singkatnya dijelaskan dalam proses penyembelihan hewan harus sesuai dengan tuntunan Syariat Islam. "Kalau salah didalam sistem penyembelihan yang kita lakukan, maka dia menjadi haram dan menjadi bangkai, inilah kami mengundang para penyembelih hewan dalam acara ini untuk lebih dapat memahami cara penyembelihan yang halal," jelasnya saat membuka acara mewakili Pimpinan MPU Aceh.

Lanjutnya, masih banyak daging yang dijual dipasaran dengan kondisi masih ada darahnya. "Bagaimana kita menyediakan daging-daging yang bersih tanpa darah sehingga daging itu halal," tambahnya

Sebelumnya Ketua Panitia acara, Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Sekretariat MPU Aceh, Cut Rafiqah, SE menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para penyembelih dalam menyediakan daging halal. "Dan kegiatan ini juga bertujuan juga melatih para penyembelih untuk melakukan penyembelihan sesuai dengan tuntunan Syariat Islam," ungkapnya saat membacakan laporan panitia acara yang mengangkat tema Penyembelihan Hewan Secara Syar'i Akan Menghasilkan Daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Disamping itu kegiatan pelatihan penyembelihan ini juga bertujuan melatih para aparatur pembina dalam membina dan mensosialisasikan tata penyembelihan hewan yang baik, sehat serta sesuai dengan tuntunan Syariat Islam, "Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyembelih terhadap peraturan pemotongan hewan, higienisasi, sanitasi dan kebersihan lingkungan," tambahnya.

Kegiatan pelatihan penyembelihan hewan secara syar'i yang diikuti sebanyak 30 peserta penyembelih hewan qurban dari gampong-gampong seputaran Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar ini, menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr.drh. Razali, M.Si yang menyampaikan materi Ilmu Kesehatan Hewan dan Veteriner; Thabrani, SH., MH dengan materinya Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal; dan Ketua LPPOM MPU Aceh Drh. Fakhrurrazi, MP dengan judul materinya Teori Penyembelihan Hewan Secara Syar'i dan Praktek Penyembelihan Hewan Secara Syar'i.

Pada akhir acara, Ketua LPPOM MPU Aceh tersebut langsung mempraktekkan teknis penyembelihan hewan secara syar'i kepada seluruh peserta.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32