LPPOM MPU Aceh Gelar Pelatihan Penyelia Halal Internal Perusahaan

Kategori : Berita Selasa, 09 Juli 2019

Banda Aceh - (Selasa 9 Juli 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) menggelar kegiatan Pelatihan Penyelia Halal Internal Perusahaan yang berlangsung di Aula Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba komplek Sekretariat MPU Aceh.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA dalam khutbah iftitahnya menyampaikan orang dalam di sebuah perusahaan lebih mengetahui terkait kehalalan produk di perusahaannya, orang dalam tersebut yaitu auditor halal internal perusahaan. "Orang dalamlah yang tahu segala-galanya, artinya kitalah yang paling banyak tahu, makanya dibekal terus. Nah disini yang menjadi tugas kita auditor halal internal, mengawasi kehalalan di perusahaan," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Abu Muslim mengajak peserta untuk mari bekerjasama dalam menerapkan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 demi terjaminnya kehalalan semua produk yang beredar di Provinsi Aceh.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia yang dibacakan oleh Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Sekretariat MPU Aceh, Cut Rafiqah, SE disebutkan kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pemahaman kepada penyelia halal perusahaan mengenai sistem manajemen halal perusahaan. "Meningkatkan peran serta pemerintah dan instansi terkait dalam proses pembinaan pelaku usaha terkait kehalalan produk," sebutnya.

Kegiatan yang bertemakan Penyelia Halal Internal yang Handal Adalah Jaminan Terselenggaranya Konsistensi Sistem Manajemen Produk Halal ini turut menghadirkan tiga narasumber yaitu Thabrani, SH., MH (Kepala Bagian Hukum dan Persidangan Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe), dengan materinya Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal; Drh. Fakhrurrazi, MP (Ketua LPPOM MPU Aceh) dengan materinya Titik Kritis Kehalalan Produk; dan Deni Chandra, ST., MT (Sekretaris LPPOM MPU Aceh) dengan materinya Kriteria Sistem Jaminan Produk Halal (Halal Assurance System point 1-11) dan Tata Cara Pembuatan Manual Sistem Jaminan Halal.

Peserta kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang yang terdiri dari unsur para auditor halal internal perusahaan yang sudah memiliki sertifikat halal.(n)

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32