Abu Faisal Buka PKU-I Tahun 2019

Kategori : Berita Selasa, 25 Juni 2019

Banda Aceh - (Selasa 25 Juni 2019), Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. H. Faisal Ali secara resmi membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan 1 Tahun 2019, yang dilaksanakan di komplek MPU Aceh. Dalam Khutbah Iftitahnya, Abu Faisal menyampaikan para ulama yang ada sekarang ini pada saatnya pasti akan dipanggil oleh Allah SWT, tentunya harus diganti oleh tengku-tengku calon ulama yang terakhir ini walaupun kapasitas dan kualitasnya sangat jauh berbeda. "Untuk itu kami berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti pendidikan kader ulama ini, agar terus memperkaya diri dalam hal ilmu pengetahuan dan bagaimana perkembangan-perkembangan teknologi dan hal-hal lain yang terkait dengan regulasi-regulasi yang mengatur kehidupan kita didunia ini", pesannya.

Kegiatan Pendidikan Kader Ulama merupakan salah satu program unggulan Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Ketua Panitia yang juga Kepala Sekretariat MPU Aceh, Dr. Syukri M. Yusuf, MA menyampaikan pelaksanaan PKU ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dan peran ulama agar mampu menggali, mendalami dan memahami ajaran Islam dari sumber aslinya, yaitu Al-Quran dan hadits, serta menerapkan dalam segala aktivitas kehidupan.

Pengkaderan ulama merupakan suatu hal yang urgen dan mendesak untuk terus kita lakukan, karena persoalan umat dari hari ke hari terus bertambah, memiliki tingkat kerumitan dan kompleksitas yang tinggi serta membutuhkan pemikiran para ulama yang zuama atau yang berjiwa kepemimpinan.

"Untuk maksud tersebut, maka MPU Aceh memandang perlu melakukan kaderisasi atau pengkaderan ulama, guna menyiapkan kader ulama yang mempunyai kompetensi intelektual yang mumpuni dan integritas moral yang terpuji agar mampu merespon berbagai gejala dan fenomena sosial sehingga dapat berperan maksimal di tengah-tengah kehidupan ummat," jelasnya.

Diharapkan pula dari kegiatan PKU ini dapat terwujudnya keserasian pemahaman dan penerapan ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam koridor PKU di provinsi, kabupaten dan kota. Disamping itu dari kegiatan PKU ini juga diharapkan dapat bertambahnya pemahaman kader ulama terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PKU angkatan pertama di tahun 2019 ini diselenggarakan selama 40 hari, yang dimulai sejak 25 Juni hingga 3 Agustus 2019 mendatang, di komplek sekretariat MPU Aceh. Peserta berasal dari utusan MPU Kabupaten/Kota Se-Aceh yang berjumlah sebanyak 24 orang, seluruhnya merupakan alumni dayah maupun guru dayah dan pesantren.(n)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32