LPPOM MPU Aceh Gelar Koordinasi SJPH di Sabang

Kategori : Berita Kamis, 20 Juni 2019

Sabang - (Kamis 20 Juni 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) menggelar acara Koordinasi dan Penguatan Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal, yang berlangsung di aula Kantor Walikota Sabang. Kegiatan yang kedua kalinya dalam tahun 2019 ini dibuka langsung oleh Walikota Sabang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembanguan Setda Kota Sabang, Ir. Syarbini.

Dalam sambutan singkatnya Ir. Syarbini mengucapkan terima kasih kepada MPU Aceh yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Kota Sabang. Terkait sistem produk halal, Aceh kini telah memiliki Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal. "Dengan terbitnya Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang SJPH ini tentunya memberikan ketentraman dan kepastian hukum kepada masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk halal dan higienis demi kesehatan jasmani dan rohani", katanya.

Dirinya juga mengajak melalui kegiatan ini, marilah kita bekerjasama dalam menerapkan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 ini. "Tentu saja pelaksanaan Qanun ini tidak hanya dilakukan oleh LPPOM MPU Aceh saja, tapi juga didukung oleh instansi terkait lainnya", tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia dalam laporannya yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Hukum dan Fatwa MPU Aceh, Haris, SH.I disebutkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar instansi pemerintah dalam penerapan sjph di provinsi Aceh, mempercepat program pemerintah Aceh dalam mewujudkan wisata halal di provinsi Aceh, serta meningkatkan peran serta pemerintah dan instansi terkait dalam proses pembinaan pelaku usaha terkait dalam kehalalan produk. "Kami berharap agar peserta semua dapat berpartisipasi penuh dalam memberikan saran dan pendapatnya dalam acara ini", harapnya.

Kegiatan yang bertemakan Membangun Sinergitas Dalam Mewujudkan Aceh Halal Antara MPU Aceh dan MPU Kab/Kota ini menghadirkan 3 pemateri yaitu
Tgk. H. Faisal Ali, yang menyampaikan materi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang SJPH, Deni Chandra, ST., MT, dengan materinya Prosedur Sertifikasi Halal di LPPOM MPU Aceh, dan Cut Rafiqah, SE, yang memaparkan Draft Peraturan Gubernur Aceh tentang Pembinaan Terhadap Masyarakat dan Pelaku Usaha.

Acara yang berlangsung satu hari penuh ini, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Sabang, serta diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari unsur kepala sekretariat dan staf sekretariat MPU se-Aceh dan instansi terkait.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32