LPPOM MPU Aceh Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar'I

Kategori : Berita Kamis, 25 April 2019

Banda Aceh - (Kamis 25 April 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) kembali menggelar acara Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar'I kedua kalinya yang berlangsung di Aula Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, komplek MPU Aceh. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Muhammad Daud Zamzamy. Syariat Islam mengatur ketentuan mematikan hewan sebelum dikonsumsi, yaitu dengan menyembelih. Sehingga dengan darah dalam tubuh hewan bisa keluar hingga tersisa dagingnya. Hal tersebut disampaikan oleh Abu Daud dalam Khutbah Iftitahnya. "Harus kita potong saluran nafas, karena akan lancar keluar darah dari tubuh binatang itu, sehingga tidak ada lagi sisa dalam dagingnya, maka daging yang kita makan bersih dan sehat. Maka pelatihan ini penting," jelasnya.

Abu Daud juga menjelaskan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kehalalan produk yang kita gunakan dapat berpengaruh pada kualitas ibadah yang kita laksanakan. Memakan makanan yang haram, menyebabkan ibadah kita akan ditolak oleh Allah SWT. "Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud dari kontribusi Ulama dalam menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi terjadi khususnya tentang produk halal," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Panitia acara dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kasubbag. Komunikasi Publik Sekretariat MPU Aceh, Rufaidah, S.Ag., M.Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para penyembelih dalam menyediakan daging halal. "Dan kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyembelih dalam menyembelih hewan yang higienis dan sesuai dengan tuntunan Syariat Islam," katanya.

Kegiatan pelatihan penyembelihan hewan secara syar'i yang diikuti sebanyak 30 peserta dari penyembelih hewan seputaran Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar ini, menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr.drh. Razali, M.Si yang menyampaikan materi Kesehatan Hewan Sebelum Penyembelihan; Deny. Candra, ST.MT dengan materinya Sistem Jaminan Produk Halal; dan Wakil Ketua MPU Aceh Tgk. H. Hasbi Albayuni yang menyampaikan materi tentang Penyembelihan Hewan Secara Syar'I.

Tidak hanya mendapatkan materi, pada akhir acara para peserta juga langsung dibimbing cara menyembelih hewan secara syar'i yang dibimbing oleh Abi Hasbi Albayuni.(n)

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32