MPU Aceh Sosialisasi Fatwa dan Hukum Islam

Kategori : Berita Senin, 04 Maret 2019

Bener Meriah - (Senin 4 Maret 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh kembali mensosialisasikan Fatwa dan Hukum Islam ke berbagi daerah seluruh Aceh. Pada awal Tahun 2019 ini, acara Sosialisasi Fatwa dan Hukum Islam diselenggarakan di Kabupaten Bener Meriah yang langsung dibuka oleh Plt. Sekda Kabupaten Bener Meriah, Khairun Aksa, SE, MM. Plt. Sekda mengucapkan terima kasih kepada MPU Aceh yang telah menggelar sosialisasi di Kota Kopi ini. "Terima kasih kami ucapkan kepada MPU Aceh yang telah mengadakan acara ini di Kabupaten Bener Meriah, kami juga berharap akan lebih banyak lagi program yang dilakukan disini," kata Khairun Aksa saat membuka acara.

Terkait fatwa-fatwa yang akan disosialisasikan, Khairun Aksa berharap agar para peserta dapat meneruskan informasi yang didapatkan kepada lingkungan sekitarnya, sehingga semua pihak dapat mengetahui informasi ini. "Tentu saja sosialisasi ini diharapkan tidak berhenti pada kita, tapi bisa kita sosialisasikan ke lingkungan kita masing-masing, bagi aparatur gampong bisa mensosialisasikan di gampong-gampongnya sehingga masyarakat kita yang tidak hadir disini bisa menerima informasi ini," harapnya.

Sementara itu, dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kasubbag Hukum dan Fatwa MPU Aceh, Haris, SHI menyebutkan Sosialisasi Fatwa dan Hukum Islam ini bertujuan diantaranya untuk memberikan pemahaman dan pencerahan hukum Islam kepada masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peraturan hukum Islam, serta mendorong dan mewujudkan masyarakat untuk taat dan patuh pada hukum Islam.

Dua pemateri handal yang dihadirkan pada acara ini yaitu Ketua MPU Aceh, Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA dan Anggota MPU Aceh, Dr. Tgk. Muhibbutthabari, M.Ag. Sebanyak 7 fatwa yang telah dihasilkan dalam sidang-sidang paripurna ulama aceh dipaparkan pada kegiatan ini, seperti;

Fatwa MPU Aceh Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Memelihara Kemuliaan Islam,

Fatwa MPU Aceh Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Judi Online,

Fatwa MPU Aceh Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Seni Budaya dan Hiburan Lainnya Dalam Pandangan Syariat Islam,

Fatwa MPU Aceh Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Hukum Kebiri Bagi Pelaku Prostitusi,

Fatwa MPU Aceh Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penetapan Arah Kiblat,

Fatwa MPU Aceh Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Bitcoin Dalam Muamalat Menurut Fiqh, dan

Fatwa MPU Aceh Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penyebaran Berita Bohong (Hoax) dan Dampaknya.(n)

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32