MPU Aceh Latih Penyembelih Hewan

Kategori : Berita Kamis, 28 Februari 2019

Banda Aceh - (Kamis 28 Februari 2019), Sebanyak 30 penyembelih hewan yang berasal dari seputaran Kota Banda Aceh, mengikuti praktek penyembelihan hewan secara syar’I yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MPU Aceh, di halaman kantor Sekretariat MPU Aceh. Praktek penyembelihan hewan ini langsung dibiimbing oleh Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni. Abi Hasbi menjelaskan sesuai Syariat Islam, ada 3 jalur atau urat yang harus putus disaat penyembelihan hewan, yaitu urat nadi utama (wadajen), urat jalur pernafasan (hulqum), dan urat jalur pencernaan.

Sebelumnya saat menyampaikan materi Penyembelihan Hewan Secara Syar’I di ruang Aula Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, Abi Hasbi menyampaikan alat untuk menyembelih harus tajam. “Setiap hendak menyembelih maka tajamkanlah pisaunya,” jelasnya. Abi Hasbi juga menyarankan sesuai aturan syar’I, tidak boleh menampakkan pisau kepada hewan yang hendak disembelih.

Sementara itu, Abu Faisal Ali yang membuka langsung kegiatan Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar’I LPPOM MPU Aceh tahun 2019 berharap agar seluruh peserta dapat memanfaatkan moment ini dalam menambah ilmu tentang penyembelihan secara syariat Islam. “Kami berharap kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik, peserta juga belajar dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan barokah,” katanya.

Abu Faisal juga menambahkan mengingat kebutuhan daging semakin meningkat, maka produsen atau rumah potong hewan harus menyiapkan daging-daging yang halal. “Mengingat kebutuhan daging yang semakin meningkat, maka bagaimana kita berusaha menyiapkan daging-daging yang halal,” tambahnya.

Kegiatan yang bertemakan Penyembelihan Hewan Secara Syar’I Akan Menghasilkan Daging yang ASUH(Aman, Sehat, Utuh dan Halal) ini menghadirkan 3 pemateri yaitu drh. Fakhrurrazi, MP dengan materinya Penentuan Kesehatan Hewan Sebelum Penyembelihan Dalam Rangka Pengawasan Produk Peternakan yang Halalan-Taiyiban; Tgk. H. Hasbi Albayuni dengan materinya Penyembelihan Hewan Secara Syar’I; serta Deni Chandra, ST., MT dengan materinya Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) Rumah Potong Hewan/Unggas.(n)

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32