MPU Aceh Gelar Sinkronisasi Auditor Halal

Kategori : Berita Rabu, 13 Februari 2019

Banda Aceh - (Rabu 13 Februari 2019), Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menggelar acara Pelatihan Sinkronisasi Pengetahuan Teknis Auditor Halal LPPOM MPU Aceh Tahun 2019. Acara yang berlangsung di Aula Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, komplek MPU Aceh ini dibuka langsung oleh Ketua MPU Aceh, Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA.

Dalam Khutbah Iftitahnya Abu Muslim merasa bangga dengan bertambahnya jumlah auditor halal LPPOM MPU Aceh, yang sebelumnya hanya berjumlah 10 orang, kini menjadi 43 auditor halal setelah 33 auditor halal LPPOM MPU Aceh mendapatkan SK dari Ketua MPU Aceh. "Kita berbangga auditor kita telah bertambah, insya Allah tugas-tugas yang selama ini berat akan menjadi ringan dengan kerjasama kita", ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Drs. Zulkarnaini, M.Pd dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa auditor halal memegang peranan penting dalam proses sertifikasi halal. "Auditor halal berperan sebagai wakil ulama dan saksi untuk melihat dan menemukan fakta terhadap kegiatan dan proses produksi oleh pelaku ussha dalam suatu perusahaan", jelasnya. Dirinya juga menambahkan berdasarkan hal tersebut, LPPOM MPU Aceh senantiasa berupaya memaksimalkan dan meningkatkan kualitas auditor dan kemampuan para auditor halal. 

Kegiatan yang bertemakan Membangun Komunikasi, Koordinasi, dan Kerjasama Auditor Halal Dalam Mensukseskan Pelaksanaan SJPH di Provinsi Aceh ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pengetahuan teknis para auditor dalam melakukan audit halal, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan auditor secara syar'i terhadap kehalalan produk melalui penerapan sistem jaminan produk halal. Disamping itu juga auditor mampu mendorong pelaku usaha untuk selalu menjaga keamanan dan kehalalan produk yang dihasilkan.

Acara yang turut dihadiri oleh sejumlah instansi terkait ini, menghadirkan dua pemateri yaitu, Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA dengan materinya Profesi Auditor Halal Dalam Pandangan dan Tuntunan Syari'at Islam; dan Sekretaris LPPOM MPU Aceh Deni Chandra, ST., MT dengan materinya Sistematika Teknis Sertifikasi Halal.

Dalam kesempatan ini, sebanyak 43 auditor halal LPPOM MPU Aceh membacakan ikrar sumpah dalam melaksanakan tugasnya, yang disaksikan langsung oleh Pimpinan MPU Aceh.(n)

 

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32