Abuya Syarkawi Buka PKU di Bener Meriah

Kategori : Berita Rabu, 31 Oktober 2018

Bener Meriah - (Rabu 31 Oktober 2018), Pelaksana tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah, Tgk. H. Syarkawi Abdussamad secara resmi membuka kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Kabupaten Bener Meriah yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Pante Raya.

Dalam sambutan singkatnya Plt. Bupati Bener Meriah menjelaskan ulama tidak hadir secara langsung, ulama berasal dari proses panjang. "Terkait PKU ini, bahwa ulama tidak muncul secara serta merta, ulama berasal dari proses panjang, seperti pendidikan di pesantren, dan juga pendidikan kaderisasi seperti ini, langkah-langkah ini harus terus dilakukan", tegasnya.

Abuya Syarkawi juga menambahkan, menjadi seorang tengku atau ulama hari ini lebih rumit dibandingkan masa lalu. "Karena perkembangan di masyarakat terus berkembang, maka seorang tengku harus siap menjadi masyarakat seperti zaman ini", tambahnya.

Sementara itu Kepala Sekretariat MPU Aceh, Dr. Syukri Bin Muhammad Yusuf, MA dalam laporannya menyampaikan, PKU ini salah satu program unggulan Pemerintah Aceh, selain Sertifikasi Halal. Disamping itu, dirinya juga menerangkan Program Pemerintah Aceh salah satunya Aceh Meuadab akan terwujud jika memang terus ditingkatkan pendidikan yang berbasis keagamaan dan keulamaan. "Kita terus melakukan itu, agar program prioritas Aceh dapat terealisasi", terangnya.

Dirinya juga menambahkan kegiatan PKU ini perlu terus dilakukan dan ditingkatkan sebagai sebuah proses dalam peningkatan kualitas dan kuantitas ulama di Aceh saat ini. Dalam kesempatan ini, Kepala Sekretariat MPU Aceh juga berharap melalui PKU ini akan lahir para ulama muda dan da'i yang mumpuni, memiliki wawasan keislaman yang luas, "dengan hadirnya ulama muda dan da'i yang memiliki wawasan keislaman yang mumpuni, maka dakwah islamiyah akan terus berjalan dan makin berkualitas ", harapnya.

PKU yang mengangkat tema Dengan Pendidikan Kader Ulama Kita Tingkatkan Peran Majelis Permusyawaratan Ulama Dalam Melahirkan Calon Ulama Masa Depan Aceh ini diikuti sebanyak 22 peserta yang berasal dari tengku-tengku utusan dayah setempat. Seluruh peserta akan dikarantina dengan pendidikan umum, agama, serta wawasan keislaman selama 20 hari, sejak 31 Oktober hingga 19 November 2018.

Turut hadir pada pembukaan PKU ini, Plt. Bupati Bener Meriah, Kepala Dinas yang terkait di Kabupaten Bener Meriah, Ketua dan Kepala Sekretariat MPU Kabupaten Bener Meriah, serta unsur Forkopimda setempat.(n)

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32