LPPOM Audit Ayam Lepas

Kategori : Berita Rabu, 05 September 2018

MPU Aceh - Rabu (5 September 2018), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh semakin giat untuk melakukan proses audit kehalalan terhadap rumah makan ataupun produk makanan yang berada di Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh. Hal ini dilakukan berdasarkan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH). Tim LPPOM menurunkan 3 personilnya ketika melakukan audit kehalalan di rumah makan siap saji Ayam Lepas yang berlokasi di Kota Banda Aceh.

Dengan tugasnya masing-masing ketiga personil ini melakukan pengecekan yang dimulai dari bahan baku hingga bahan campuran lainnya. Satu persatu bahan baku seperti minyak goreng, ayam potong dan bahan penyedap dicek apakah sudah memiliki sertifikat dan label halal yang resmi atau belum. Terkait produk makanan yang telah mendapatkan sertifikat halal tentunya setelah semua bahan baku dan bahan campurannya bersumber dari produk yang halal juga. Disamping sisi higienis yang tak bisa dipisahkan."Nanti bahan yang disana, kita cek dilapangan, jadi prosesnya bisa lebih panjang ini", jelas Sekretaris LPPOM MPU Aceh, Deni Chandra, ST., MT kepada manajer Ayam Lepas.

Proses penyucian bahan baku pun harus secara syar'i, dimana bahan baku yang dicuci, harus menggunakan air yang mengalir. Setiap  item bahan baku yang diaudit dilapangan, dimasukkan kedalam form pemeriksaan persyaratan sertifikat halal, selanjutnya hasil audit akan dievaluasi dan diteliti oleh pimpinan MPU Aceh,  hingga disahkan untuk dikeluarkannya sertifikat halal secara resmi.

Audit kehalalan yang dilakukan oleh LPPOM MPU Aceh, merupakan langkah dari implementasi Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang Sistem Jaminan Produk Halal. Sehingga tujuan dari qanun ini yaitu memberikan perlindungan, ketentraman dan kepastian hukum kepada masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk halal dan higienis, demi kesehatan jasmani dan rohani dapat segera terwujud.(n)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32