MPU Aceh Keluarkan Fatwa Arah Kiblat

Kategori : Berita Kamis, 07 Juni 2018

MPU Aceh - Minggu (13 Mei 2018) Permasalahan arah kiblat hingga kini masih menjadi perdebatan disejumlah tempat ibadah, masih banyak mesjid yang belum tentu tepat arah kiblat sholatnya ke Ka'bah. Untuk menyamakan persepsi dan menjadi pedoman bagi ummat Islam di Aceh khususnya, Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, mengangkat hal ini kedalam Sidang Paripurna Ulama ke-2 Tahun 2018 dengan tema Penetapan Arah Kiblat.

Menghadirkan 3 narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Tgk. H. Abdullah Ibrahim atau lebih dikenal Abu Tanjung Bungong dengan judul makalah penetapan arah kiblat dan permasalahannya menurut fiqh dan ilmu falak, Alfirdaus Putra S.H.I, MA dengan judul makalah teknis penetapan arah kiblat menurut ilmu falak, dan Dr. Suhrawardi Ilyas M.Sc dengan judul makalah arah kiblat menurut geologi.

Dalam sidang yang diikuti seluruh anggota MPU Aceh ini, melahirkan 8 butir Fatwa MPU Aceh tentang Penetapan Arah Kiblat dan 4 poin Taushiyah yang dibaca langsung oleh Kepala Bagian Persidangan MPU Aceh Ahmad Ridwan, SE., M.Si.

Wakil Ketua II MPU Aceh, Tgk. H. M. Daud Zamzamy dalam khutbah ikhtitamnya berharap agar kedepannya tidak ada lagi terjadi permasalahan dalam perubahan arah kiblat setelah dikeluarkannya fatwa ini.

Sementara itu melalui komisi-komisi yang ada di MPU Aceh, Ketua MPU Aceh Prof. Dr. Tgk H. Muslim Ibrahim, MA berharap agar semua anggota MPU Aceh dapat terus berupaya semaksimal mungkin mensosialisasikan Fatwa-fatwa MPU Aceh kepada seluruh elemen masyarakat, agar tegaknya Syariat Islam di Aceh.(n)

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32