MPU Aceh akan gelar Mubes Ulama se-Aceh

Kategori : Kegiatan Jumat, 17 Maret 2017

Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh akan melaksanakan Kegiatan Musyawarah Besar Ulama Aceh pada tanggal  20 s.d. 23 Maret 2017  di Gedung Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba MPU Aceh Jln. Soekarno – Hatta, Lampeunerut, Aceh Besar. Acara tersebut akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh. Adapun tema Musyawarah Besar Ulama Tahun 2017 ini adalah “ Melalui Musyawarah Besar Ulama Kita Perkuat Pelaksanaan Syariat Islam Menuju Aceh Bermartabat “

Musyawarah Besar Ulama MPU Aceh kali ini diikuti oleh 155 orang peserta, terdiri dari

1.  Ulama / Cendikiawan Utusan Provinsi ;

    -  Pimpinan dan anggota MPU Aceh utusan Provinsi Periode 2012-2017  (41 Orang )

   - Ulama dan Cendikiawan Muslim dengan Keterwakilan perempuan (31 Orang )

2.  Ulama / Cendikiawan Utusan Kabupaten/kota ;

-       Ketua MPU Kab./kota se-Aceh.  (23 Orang)

-       Calon Anggota MPU terpilih utusan Kab./kota. (23 Orang)

-       Ulama / Cendikiawan Muslim utusan Kab./kota  (23 Orang)

3.  Tenaga Ahli MPU (1 Orang)

4.  Majelis Syuyukh (6 Orang)

5.  Badan Kajian Hukum dan Perundang Undangan (3 Orang)

6.  LP-POM  (2 Orang )

7.  Muslimat ( 2 Orang)

Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan dijabarkan dalam Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2009; Tentang Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). masa bakti kepengurusan  MPU Aceh adalah selama 5 (lima) tahun, dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya. Oleh karena itu masa bakti kepengurusan MPU Aceh 2012-2017 yang terpilih melalui Musyawarah Besar Ulama pada pada tanggal 26 s.d 29 Maret 2012  bertempat di Asrama Haji Banda Aceh akan segera berakhir.

Menjelang berakhirnya masa kepengurusan tersebut, maka MPU Aceh kembali akan melaksanakan Musyawarah Besar Ulama Aceh sebagaimana yang digariskan dalam Keputusan MPU Aceh Nomor 06 Tahun 2012 tentang Peraturan Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, bahwa tugas Pimpinan MPU salah satunya melaksanakan Musyawarah Besar Ulama Aceh selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan untuk pemilihan Anggota MPU Aceh yang baru. 

Melalui Musyawarah ini, Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh diharapkan mampu melahirkan program-program kegiatan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Masyarakat, serta terpilihnya Kepengurusan MPU yang solid dibawah Pimpinan Ulama yang penuh pertimbangan, arif dan bijaksana dalam naungan keridhaan Allah SWT.