Pengukuhan Ketua MPU Aceh

Kategori : Kegiatan Senin, 23 Mei 2016

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melaksanakan Kegiatan Sidang Paripurna Istimewa - II pada tanggal 23 Mei 2016 di Gedung Serbaguna Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba MPU Aceh Jln. Soekarno – Hatta, Lampeunerut, Aceh Besar. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua MPU Aceh Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA.


Sidang Paripurna Istimewa MPU Aceh kali ini diikuti oleh 39 orang peserta, terdiri dari Pimpinan dan Anggota MPU Aceh yang berasal dari utusan Provinsi dan utusan Kabupaten / Kota se-Aceh. Adapun Agenda Sidang Paripurna adalah Pengukuhan Ketua MPU Aceh Pengganti Antar Waktu Yaitu Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA. Penyumpahan ini dilaksanakan dihadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Bapak Drs. Jufri Ghalib, SH. MH berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor. 451.7/426/2016 tentang Penetapan Pengganti Antar waktu Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Utusan Provinsi masa khidmat 2012-2017 sebagaimana yang dibacakan oleh Kepala Sekretariat MPU Aceh Bapak Saifuddin Puteh, SE, MM dalam Acara pembukaan Sidang Paripurna Istimewa-I tersebut.


Setelah itu, MPU Aceh juga melaksanakan Sidang Paripurna Khusus-III dengan agenda Sidang Pemilihan Wakil Ketua MPU Aceh Pengganti Antar Waktu (PAW) sebagaimana diatur dalam Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Ulama No. 6 Tahun 2012 pada Pasal 11 Ayat (2).
Berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh Pimpinan MPU Aceh, maka diputuskan untuk melaksanakan pemilihan wakil ketua MPU Pengganti Antar Waktu masa khidmat 2012-2017, dimana sebagai Pengganti dari Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, M.A yang telah dipilih menjadi ketua MPU Aceh, disusulkan 3 orang calon pengganti yaitu :
1. Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, M.A.
2. Tgk. Hasbi Albayuni
3. Dr. Tgk. H. A. Gani Isa, SH. M.Ag.

Berdasarkan perhitungan suara yang dilakukan, maka terpilihlah Tgk. Hasbi Albayuni yang memperoleh suara terbanyak sebagai calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh masa khidmat 2012-2017.