Unsyiah dan MPU Aceh Sepakat untuk Bekerjasama

Kategori : Kegiatan Senin, 04 April 2016

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bersama Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh sepakat menjalin kerjasama di bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan fungsi kedua lembaga tersebut. Kerjasama diawali dengan penandatanganan MoU antara Unsyiah dan MPU di Ruang Mini Rektor Unsyiah, Rabu (30/3).

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengharapkan butir-butir kerjasama tersebut dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Bagi kampus nantinya akan ada pembinaan karakter yang Islami untuk mahasiswa dan civitas akademika Unsyiah. Selanjutnya, akan dilaksanakan penelitian dan pengembangan produk-produk halal yang juga berguna untuk masyarakat.

“Kedua belah juga sepakat untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kebudayaan dan seni yang berdasarkan nilai-nilai Islami, serta penguatan kompetensi akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berbasis Islam,” sebutnya.

Dr. Nazamuddin, SE., MA selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Unsyiah menambahkan, Unsyiah dan MPU juga sepakat menyelenggarakan kegiatan ilmiah bersama, seperti konferensi, kolosium, dialog ilmiah, seminar dan sejenisnya. Sedangkan pergelaran seni dan budaya Islam salah satunya untuk mendekatkan masyarakat dengan Unsyiah dan MPU.

“Pada tahap awal program ini akan dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Unsyiah, khususnya untuk mahasiswanya. MoU ini berlaku selama 5 tahun. Kalau ternyata berhasil, maka program ini akan dilanjutkan kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Plt. MPU Aceh Prof. Dr. Muslim Ibrahim, M.A mengatakan, MPU akan menyumbangkan ide, pikiran, dan tenaga untuk membangun karakter mahasiswa. Saat ini MPU sedang terjun ke lapangan untuk membina masyarakat, salah satunya membentuk karakter mahasiswa yang Islami.

“Nanti kedua belah pihak juga akan menunjuk tim yang mewakili masing-masing pihak untuk implementasi kegiatan. Seperti menyediakan tenaga pengajar untuk pembinaan karakter yang Islami bagi mahasiswa. Mudah-mudahan kerjasama ini diridhai Allah Swt dan berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan,” tuturnya.

Penandatanganan kerjasama tersebut turut disaksikan para Wakil Rektor Unsyiah, Kepala Biro, Dekan Fakultas Ekonomi Unsyiah, akademisi Unsyiah, dan Kepala Sekretariat MPU Aceh beserta jajarannya.(mr)

 

Sumber