Indeks Berita

Amil BMA Dibekali Ilmu Keamilan

Jumat, 24 Maret 2017

Banda Aceh – Sebanyak lebih kurang 100 amil Baitul Mal Aceh mendapatkan pembekalan ilmu keamilan, Kamis (23/03/2017) di Aula Baitul Mal Aceh. Pembekalan yang dilaksanakan selama sehari penuh tersebut menghadirkan narasumber dari internal dan eksternal Baitul Mal Aceh.

Dari internal Baitul Mal Aceh diisi oleh Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA dan Kepala Sekretariat, T Sulaiman SE. Sedangkan dari eksternal hadir pakar di bidang zakat yaitu Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Aliyasa’ Abubakar dan dari BAPPEDA, Muzafar.

“Kita berharap semua amil mengambil bagian untuk acara ini, baik dari sekretariat maupun di badan pelaksana karena keduanya berstatus amil,”kata Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA di sela-sela pembukaan.

Menurut Armiadi acara ini sangat  penting dilaksanakan secara rutin, walaupun selama ini belum terlaksana secara berkelanjutan karena terkendala dengan dana. Sebuah lembaga yang profesional biasanya seperti perusahaan selalu melakukan pembekalan dan evaluasi terhadap karyawannya.

Begitu juga dengan Baitul Mal Aceh, amil yang bekerja di dalamnya harus memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Artinya keahlian seseorang itu harus ditempatkan pada tempatnya kalau dalam istilah disebut the right man and the ringt place.

“Kita boleh beda latar belakang, misalnya ada dari kita sarjana agama dan non-agama atau jurusan-jurusan lainnya tidak ada masalah ketika masuk kesini karena akan ada pembekalan, namun pengetahuan dasar harus dimiliki, minimal paham sedikit tentang fiqh zakat,”tandasnya.

IMG_0129Armiadi juga mengingatkan kepada petugas yang duduk di konter harus memberi pelayanan yang baik kepada setiap tamu yang datang, baik itu muzakki maupun mustahik. Mereka harus mendapatkan pelayanan yang sama.

“Pelayanan kita masih sangat lemah saat ada tamu, seharusnya ketika ada tamu disapa seperti yang dilakukan bank yaitu memberi pelayanan yang ramah,”tandasnya.

Ia menambahkan, biarpun ada tamu-tamu yang menjengkelkan amil tetap harus membeli pelayakan yang baik. “Kita harus menjalankan tugas masing-masing, misalnya sekuriti yang menerima tamu di depan juga memberi pelayanan yang baik walaupun yang datang mustahik,” jelas Armiadi.

Sementara itu Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh T Sulaiman SE mengungkapkan lembaga Baitul Mal Aceh  sebagai lembaga zakat harus profesional dan amanah karena yang dikelola dari tahun ke tahun adalah dana umat.

“Dana yang digunakan untuk pembekalan ini berkat lembaga kita mendapatkan hadiah zakat award 2015 dari Kementrian Agama sebagai lembaga yang memiliki managemen yang baik, maka dana tersebut kita gunakan untuk pembekalan ini.”tutupnya.[]


Nama-nama Calon Kepala BMA yang Lulus Ujian Tulis dan Assesment

Rabu, 22 Maret 2017

Banda Aceh – Tim seleksi Calon Kepala Baitul Mal Aceh telah melaksanakan ujian tulis dan assesment terhadap 12 calon yang lulus administrasi. Dari 12 nama yang mengikuti ujian tersebut hanya enam orang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan ujian selanjutnya.

Adapun nama-nama yang dinyatakan lulus pada ujian ujian tulis dan assesment tersebut yaitu Adnan Beuransyah, Anwar Yusuf, Hasanuddin Yusuf Addan, Mahdi Muhammad, Usman Mahmud dan Ziauddin Ahmad, nama-nama tersebut juga dapat didownload di bagian bawah bertita ini.

Kepada peserta yang dinyatakan lulus ujian sampai tahap ini diharapkan dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu fit and propertest. Mengenai waktu dan tempat pelaksanaannya akan diberitahukan kemudian. []

download-button


Bimbingan Materi bagi Penerima Beasiswa SKSS

Senin, 20 Maret 2017

Banda Aceh – Sebanyak 90 mahasiswa penerima beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) Baitul Mal Aceh mengikuti bimbingan materi di Aula Baitul Mal Aceh, Senin (20/03/2017).

Kepala Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa MA yang mengisi bimbingan tersebut menjelaskan kepada penerima yang lulus verifikasi agar memiliki komitmen dengan semua aturan yang diberlakukan untuk beasiswa ini.

Selain itu ia juga menjelaskan tentang Baitul Mal Aceh dan perannya selama ini. Begitu juga mahasiswa penerima beasiswa ini diminta agar ke depan selesai sarjana dan mendapatkan penghasilan.‎

“Baitul Mal merupakan lembaga zakat yang dikumpulkan zakatnya yang saat ini masih dominan dari Pegawai Pemerintah. Setelah dikumpulkan zakat itu disalurkan ke asnaf-asnaf yang sudah ditentukan dalam Islam,” jelas Armiadi.

Armiadi menjelaskan, uang yang diberikan kepada penerima beasiswa SKSS ini adalah uang zakat, tentu tanggungjawab seorang mustahik itu mendoakan kepada Allah agar rezeki para muzakki yang membayar zakat itu agar diberkahi rezeki dan ditambahkan rezeki mereka.

“Namun tujuan utamanya agar mereka menjadi sarjana dan mendapatkan penghasilan sehingga dapat memotong mata rantai kemiskinan,” tandasnya.‎

Armiadi menegaskan kepada penerima SKSS perlu mengingat apa yang sudah ditandatangani dalam naskah perjanjian. Dan semua persyaratan selama menjalani beasiswa tersebut dapat dipatuhi, jika tidak akan dikenakan sanki yaitu diputuskan beasiswa tersebut.

Salah seorang penerima bertanya, mengapa beasiswa ini hanya diberika kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry dan Unsyiah saja, Armiadi menjawab‎ karena penerima banyak, sementara zakat masih terbatas.

“Untuk awal program kita ambil dua kampus ini dulu, kita berharap ke depan dapat direkrut dari kampus-kampus lain. Tapi untuk program beasiswa lain seperti beasiswa tugas akhir hampir semua kampus di Banda Aceh mendapatkannya,” tambahnya.

IMG_8353Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, T Sulaiman SE yang yang juga hadir pada bimbingan materi bagi mahasiswa penerima SKSS mengatakan sangat terkesan melihat selama ini mahasiswa sudah mendapat beasiswa dari banyak pihak.

“Mudah-mudahan apa yang diprogramkan oleh Baitul Mal Aceh bermanfaat. Maka kami berharap kepada penerima agar memanfaatkan dengan serius beasiswa ini semoga ke depan dapat dilaksanakan buat mahasiswa lain,” tutupnya.‎[]


Ustadz Zulkifli Zakaria Isi Ceramah Maulid di BMA

Kamis, 16 Maret 2017

Banda Aceh – Sudah menjadi tradisi, Baitul Mal Aceh setiap tahun mengadakan acara keunduri maulid di halaman kantor. Pada acara yang dilaksanakan pada Selasa 14 Maret 2017 itu diundang sebagai penceramah yaitu Ustadz Zulkifli Zakaria dari Aceh Besar.

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA dalam sambutan singkatnya mengatakan, selama ia memimpil lembaga amil tersebut ini merupakan tahun ke empat dirayakan maulid sebagai bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Maulid kali ini mengambil tema “Teladan Rasulullah SAW dalam Memberdayakan Fakir dan Miskin”.

Selain itu ia juga menyampaikan selama empat tahun terakhir banyak sekali capaian yang membanggakan. Bukan saja dari penilaian yang orang berikan, tapi dari amanah dan keikhlasan yang dilaksanakan dapat dirasakan oleh masing-masing amil.

“Apa yang dicapai Baitul Mal pada 2015 lalu ketika nasional memberikan penghargaan sebagai managemen terbaik. Walaupun manajemen itu belum terlalu bisa diandalkan namun ke depan harus diperbaiki lebih baik lagi,”ujarnya.

Katanya, ada hal-hal yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama yaitu aplikasi SiMBA yang belum dapat dijalankan sesuai yang diinginkan karena belum didukung dana dari pemerintah. Padahal SiMBA adalah sistem yang terintegrasi seluruh daerah dan nasional tentang sistem pelaporan zakat secara online.

“Ini yang diinginkan oleh SiMBA. Karena ini belum teraplikasi tapi masih manual. Sampai hari ini belum ada anggaran untuk penunjang. Harapan kita tahun ini sudah terlaksana SiMBA ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Zulkifli yang tampil sebagai penceramah mengajak umat Islam mencontoh apa yang telah dilakukan rasulullah, terutama bidang akidah. Menurutnya selama ini masih banyak praktik-praktik yang membawa kemusyrikan di tengah-tengah masyarakat.

Hadir tamu undangan pada Maulid kali ini yaitu Sekda Aceh, Dermawan, Karo Organisasi, tokoh adat Aceh Tgk  Raman Kaoy, dan beberapa tokoh lainnya.[]


Gubernur Aceh Lantik 33 Pejabat Eselon II

Jumat, 10 Maret 2017 Gubernur Aceh Zaini Abdullah kembali melantik 33 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh. Acara pelantikan berlangsung di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (10/3).

Transparansi Pengelolaan Anggaran Adalah Kewajiban

Kamis, 09 Maret 2017 Transparansi pegelolaan anggraran di lingkungan Pemerintah Aceh merupakan sebuah kewajiban. Begitu ditegaskan Tribudi, salah satu staf Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rapat koordinasi tindak…

Begini Cara Bayar Zakat melalui ATM Bank Aceh

Kamis, 09 Maret 2017

Perkembangan teknologi telah banyak memberi kemudahan bagi kita semua. Untuk berbuat baik sekalipun kini semakin instan dapat dilaksanakan. Salah satunya ketika hendak membayar zakat sudah bisa dilakukan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Semenjak 2016, Baitul Mal Aceh telah berkerjasama dengan PT Bank Aceh Syariah dalam hal transaksi dan penyetoran zakat. Melalui ATM Bank Aceh Syariah para nasabah sudah bisa membayar zakat dengan mudah tanpa harus bersusah payah.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, masukkan kartu ATM-nya. Dipastikan kartu ATM yang dimasukkan itu ke mesin ATM Bank Aceh Syariah.

 

Kedua, setelah kartu dimasukkan, akan muncul tulisan pemberitahuan kerjasama seperti “NASABAH YANG TERHORMAT PT BANK ACEH SYARIAH DENGAN BAITUL MAL ACEH MENERIMA ZAKAT INFA DAN INFAK ANDA” dan di bawahnya ada tulisan LANJUTKAN KE MENU UTAMA.

IMG_20170308_171331

 

Ketiga, setelah menekan tombol LANJUTKAN KE MENU UTAMA, akan muncul layar ATM tempat Anda bertransaksi biasa dan di sana akan muncul beberapa pilihan. Untuk membayar zakat Anda tinggal pilih  tombol yang bertuliskan PEMBAYARAN.


IMG_20170308_171617

Keempat, setelah menekan tombol PEMBAYARAN akan muncul lagi layar TRANSAKSI PEMBAYARAN, nah kalau sudah sampai disini Anda tinggal memilih tombol yang bertuliskan BAITUL MAL.

IMG_20170308_171545

Kelima, setelah menekan tombol BAITUL MAL, disana akan tampil lagi pihan ZAKAT atau INFAK, selanjutnya Anda tinggal memilih dan memasukkan berapa nominal yang ingin Anda setor ke Baitul Mal Aceh. Uang Anda akan langsung masuk ke rekening Baitul Mal Aceh.

Mudah kan?

Ayo berzakat ke BAITUL MAL ACEH, sucikan harta Anda hanya dengan mengeluarkan 2,5 % untuk mereka yang kurang beruntung. BAITUL MAL ACEH juga siap menjemput zakat Anda, hubungi amil bidang pengumpulan zakat Baitul Mal Aceh, 08116829933 (Jusma Eri) atau 085275817337 (Muhammad Iqbal)

 

 

 


Pemuda Pancasila Diharap Dapat Menjadi Penggerak Ekonomi Aceh

Rabu, 08 Maret 2017 Banda Aceh.Seuramoe Informasi. Pemuda Pancasila diharap dapat berkontribusi lebih besar dalam mendorong kemampuan para pemuda Aceh untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengembangkan inovasi dan…

Komisi C DPR Provinsi Riau Pelajari Pengelolaan Keuangan Aceh

Selasa, 07 Maret 2017 Banda Aceh. Seuramoe Newsroom. Pimpinan beserta Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menerima kunjungan kerja Komisi C DPRD Provinsi Riau di Ruang Badan Musyawarah DPRA, Selasa 7 Maret…

Penas KTNA Mendorong Sektor Pertanian dan Perikanan di Aceh

Selasa, 07 Maret 2017 Banda Aceh. Seuramoe Newsroom. Ditunjuknya Provinsi Aceh menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV dinilai sangat bermanfaat untuk mendorong kemajuan sektor…